Featured Post

Kelebihan dan Kekurangan Metode Tanya Jawab

Sumber gambar: https://faiqotulmagfiroh.blogspot.com/ Metode tanya jawab diartikan sebagai cara mengajar yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah (two way traffic) secara langsung antara guru dengan murid. Dalam hal ini, guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan murid memberikan jawa…

7 Tips Pintar Kendalikan kelas











Sumber gambar: www.widodosigit.wordpress.com





  • Menguasai materi yang diampunya
    saja tidak cukup bagi seorang guru. Selain hal tersebut, guru juga harus
    menguasai kelas sekaligus mahir dalam melakukan pengelolaan kelas. Ada 7 tips
    agar anda dapat “mengendalikan” kelas dengan baik. Berikut adalah 7 tips yang
    bisa digunakan untuk “mengendalikan” dan mengontrol kelas:




1.      Kuasai dengan Baik Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran


Banyak guru yang masih risih dengan RPP, jika harus
membuatnya, rasanya malas sekali. Kaluapun membuat bisa jadi copy paste punya saudaranya atau
temannya atau teman dari temannya. Itu pun hanya untuk persiapan jika ada
pengawas atau kepala sekolah mengadakan pengecekan perangkat pembelajaran.
Kesalahan inilah yang akhirnya berakibat pada keteledoran dalam pengajaran.
Padahal, RPP adalah dasar pemikiran anda untuk bertindak di dalam kelas. Kalau
anda tidak punya dasar apa-apa maka anda kelabakan sendiri. Oleh karena itu,
buatalah RPP untuk diri anda sendiri. Buatlah sesuai dengan kemampuan anda dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.


2.      Ketua Kelas Menyiapkan Kelas di Awal dan di
Akhir Pelajaran


Satu hal lagi yang tidak kalah penting mengnai kontrol
kelas adalah pembiasaan siswa untuk membuat laporan baik sebelum pelajaran
dimulai atau pun sesudah pelajaran berlangsung. Laporan ini uga memudahkan guru
untuk melakukan kontrol kelas.


3.      Mengawali Pelajaran dengan Informasi Aktual


Saat anda memasuki kelas jangan memulai pelajaran
terlebih dahulu. Sebab, bisa jadi siswa anda sudah merasa jenuh dengan
pelajaran sebelumnya atau cuaca sedang membuat mereka gerah. Hal yang bisa anda
lakukan adalah menyegarkn mereka kembali. Misalnya mebacakan berita terbaru,
cerita lucu, buku terbaru, film, tebak-tebakan sederhana dan lain-lain.
Kegiatan ini dapat dilakukan selama 5 menit sampai dengan 10 menit. Saat mereka
sudah merasa terhibur, baru mulailah pelajaran.


4.      Media Pembelajaran


Setelah anda membuat RPP, tentunya anda bisa
memperkirakan kebutuhan media yang hendak anda gunakan. Media yang sudah anda
dapatkan selanjutnya diurutkan sesuai dengan kronologi pembelajaran. Kita
sekarang sudah memasuki era multimedia. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak
mengikuti perkembangan informafi dan teknologi.


Walaupun demikian, bukan berarti kita harus memaksakan
keadaan sekolah kita untuk memasang internet atau pengadaaan laptop. Media
pembelajaran bisa berupa apa saja. Misalnya berupa buku, kliping, artikel,
internet dan sebagainya.


5.      Perlunya Permainan


Sebagai seorang guru tentunya kita bisa merasakan
situasi dimana siswa merasa tidak nyaman di kelas. Tanda-tandanya antara lain
malas, mengantuk, berbicara dengan temannya atau membuat gaduh. Pada saat
inilah anda harus menghentikan pembelajaran dan mencoba membuat penyegaran
kelas. Beberapa contoh permainan yang bisa anda lakukan adalah membacakan
anekdot. Anda perlu banyak membaca untuk mengumpulkan permainan-permaian
semacam ini.


6.      Memberi Siswa Poin


Poin menjadi semangat anak-anak untuk aktif. Poin
merupaka salah satu bentuk rewards
bagi siswa yang memenuhi kriteria capaian pembelajaran anda.


7.      Tegas terhadap Siswa yang Bermasalah


Disiplin tidak harus keras. Disiplin adalah bagaiaman
seorang guru menegakkan aturan secara konsisten. Apalagi terdapat satu peserta
didik yang bermasalah tetapi tidak segera ditindak, maka ia akan menjadi
seperti ulat dalam apel, merusak bagian-bagian baik yang lainnya.





Mengendalikan kelas bukan berarti anda menyetir siswa.
Mengendalikan kelas berarti anda mampu mengarahkan siswa menuju proses
pembelajaran yang benar. Kemamupuan mengendalikan kelas  mutlak diperlukan bagi guru yang menginginkan
keberhasilan pembelajaran. Kemampuan mengendalikan kelas seperti yang telah
diuraikan dalam 7 tips di atas dapat anda maksimalkan sesuai dengan kebutuhan
kelas anda. Demikian tips pintar kendalikan kelas semoga bermanfaat.




Sumber: Damayanti,
Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Araska:
Yoyakarta

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter