Featured Post
Kelebihan dan Kekurangan Metode Tanya Jawab
Sumber gambar: https://faiqotulmagfiroh.blogspot.com/ |
Metode tanya jawab diartikan
sebagai cara mengajar yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah (two way
traffic) secara langsung antara guru dengan murid. Dalam hal ini, guru dapat
mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan murid memberikan jawaban. Murid juga dapat
diberi kesempatan bertanya untuk selanjutnya dijawab oleh sang guru.
Metode tanya jawab ditandai
adanya interaksi aktif antara guru dengan muridatau terciptanya hubungan saling
timbal balik di antara keduanya. Jadi, dapat dikatakan bahwa metode tersebut berguna
meningkatkan minat dan gairah murid dalam mengikuti proses pembelajaran.
Melalui komunikasi aktif dengan guru,murid dapat memanfaatkan momen ini untuk
menambah ilmu pengetahuan. Di sisi lain, guru dapat memanfaatkan situasi ini
untuk memberikan pemahaman maksimal kepada murid agar dapat menyerap materi
yang disampaikan.
1. Kelebihan Metode Tanya Jawab
Guru yang menyampaikan materi
pelajaran dengan metode tanya jawab dipandang berhasil menjadi sosok
profesional dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran. Energi guru juga
tidak terkuras secara berlebihan atau sia-sia akibat kurangnya perhatian dan
penguasaanmateri dari murid. Adapun para murid dapat memahami materi yang
disampaikan guru dengan cepat. Bahkan, murid dapat menyimpan hasil dari
interaksi di dalam memorinya dalam waktu lama.
Melalui metode tanya jawab, baik
guru maupun murid merasakan manfaat yang sangat besar, khususnya dalam
mencapaikeberhasilan pembelajaran. Metode tanya jawab dapatdigunakan untuk
mengetahui sejauh mana penguasaan atau pemahaman murid serta mengevaluasi
materi yang sudah disampaikan.
Pada metode tanya jawab, guru
mengajarkan murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar-mengajar,yakni
dengan cara menentukan perhatian murid terhadap masalah yang akan dibahas.
Metode ini sangat menentukan proses berpikir murid. Sebab, pertanyaan yang diberikan
dapat membantu murid menentukan jawaban terbaik.Dengan demikian, murid akan
secara mandiri mengembangkan pola pikir dan belajar secara aktif.
Berikut ini adalah beberapa
kelebihan penggunaan metode tanya jawab dalam menjelaskan materi pelajaran.
1. Memberikan kesempatan kepada murid untuk
menerima penjelasan lebih lanjut tentang materi yang dianggap belum jelas. Dengan demikian, guru dapat
mengetahui kemajuan murid dalam hal penguasaan materi.
2. Pertanyaan-pertanyaan yang cukup sulit dan
berkualitas dari murid dapat mendorong
guru untuk memahami materi secara lebih mendalam dan mencari sumber informasi
lebih lanjut. Dengan demikian, guru tidak menganggap dirinya paling berkuasa
atau tahu segalanya di dalam proses pembelajaran.
3. Tanya jawab merupakan teknik yang efektif serta memiliki
nilai positif dalam melatih murid agar berani mengemukakan pendapat melalui
lisan secara teratur. Hal ini akan mendorong murid untuk lebih aktif dan
bersungguh-sungguh dalam belajar.
2.Kelemahan Metode Tanya Jawab
Dibalik kelebihan yang melimpah metode
tanya jawab juga tidak luput dari beberapa kelemahan. Pertama, memakan waktu lebih
banyak dibanding metode ceramah. Dengan tanya jawab, jalannya pelajaran terasa
lebih lambat sehingga menyebabkan materi tidak dapat diselesaikan secara tuntas
sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
Kedua, memungkinkan terjadinya
perbedaan pendapat antara guru dan murid. Hal ini disebabkan perbedaan
pengalaman antara guru dan murid. Perbedaan pendapat ini dikhawatirkan dapat
menimbulkan rasa saling tidak suka di antara keduanya. Kondisi tersebut tentu
saja berdampak buruk pada jalannya komunikasi selanjutnya. Bahkan, bukan tidak
mungkin terjadi penyimpangan dari pokok bahasan akibat adanya kesalahan
interpretasi antara si penanya dengan orang yang menjawab pertanyaan.
Ketiga, tanya jawab dikhawatirkan
menimbulkan penyimpangan perhatian murid. Hal ini terjadi apabila terdapat
jawaban yang kebetulan menarik perhatian murid. Padahal, sebenarnya jawaban
tersebut bukanlah pokok masalah atau sasaran yang hendak dituju.
Nah, demikian penjelasan
kelebihan dan kekurangan metode tanya jawab dalam proses belajar mengajar di
kelas, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.
Sumber Pustaka:
Setyanto, N. Ardi. 2014. Panduan Sukses Komunikasi Belajar
Mengajar. Yogyakarta: Diva Press
Related Posts
Label
- Akreditasi
- aplikasi
- Bahan Ajar
- beasiswa
- Buku Kurikulum 2013
- Diktat
- Download
- Guru Pembelajar
- Guru Penggerak
- Info Guru
- IPA
- IPS
- Kelas 3
- Kelas 6
- Komputer
- LKS
- Lomba
- Matematika
- Media Pembelajaran
- Merdeka Belajar
- Model Pembelajaran
- Ms.Word
- Muatan Lokal
- PembaTIK 2021
- Pendidikan
- Pendidikan Inklusif
- Pendidikan Karakter
- Pengetahuan
- Perangkat pembelajaran
- PKB
- Power Point
- PPG
- PTK
- Publikasi Ilmiah
- RPP
- Silabus
- Soal Ulangan
- Tutorial
Posting Komentar
Posting Komentar